Waspada DB, Kenali Penyebab Rumah Jadi Sarang Nyamuk

Nyamuk memang berukuran kecil, tapi bisa mengganggu bahkan menularkan bibit penyakit kepada penghuni rumah. Apalagi di musim penghujan, risiko demam berdarah akibat gigitan nyamuk semakin tinggi. Demam berdarah tidak bisa disepelekan. Tak sedikit orang yang meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini.

Jika rumah Anda banyak nyamuk berterbangan, segera cari tahu penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab rumah menjadi sarang nyamuk:


Menumpuk pakaian kotor

Kotoran dan keringat yang menempel di baju kotor bekas disenangi sebagai peristirahatan nyamuk. Juga pada handuk basah sehabis mandi. Untuk meminimalisir populasi nyamuk di rumah, jangan menumpuk baju kotor terlalu lama. Jangan biarkan hingga menggunung. Handuk basah juga sebaiknya dijemur terkena sinar matahari untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan tidak menjadi sarang nyamuk.

Cuaca panas

Serangan nyamuk sedikit lebih parah ketika musim kemarau. Karena cuaca panas, para nyamuk juga menjadi semakin aktif menggigit manusia karena membutuhkan lebih banyak protein dari darah manusia supaya mereka bisa berkembangbiak. Inilah salah satu alasan mengapa serangan nyamuk lebih masif ketika cuaca panas, dan biasanya lebih sedikit ketika hujan di mana udara terasa lebih dingin.

Banyak celah masuk

Nyamuk penyebab demam berdarah cenderung aktif di siang hari. Meski nyamuk-nyamuk itu umumnya berada di luar ruangan, namun tetap bisa masuk menyerbu rumah. Terutama jika rumah Anda memiliki banyak celah masuk. Karena itu, tutuplah celah-celah yang berpontensi menjadi akses masuk nyamuk dengan kasa nyamuk yang tidak menutup ventilasi udara.

Tanaman di pekarangan yang tidak terawat

Nyamuk juga suka bersarang di tanaman liar pekarang rumah. Tanaman-tanaman yang tumbuh di pekarangan harus dipangkas dan dirawat secara berkala. Untuk mengurangi serangan nyamuk, percantiklah perkarangan rumah Anda dengan tanaman-tanaman yang dibenci nyamuk. Misalnya bunga lavender, geranium, jeruk nipis, dan serai wangi.

Genangan air

Nyamuk menyukai genangan air untuk bertelur. Karena itu, genangan air sering menjadi sarang jentik nyamuk. Terutama di genangan air yang diam seperti bak mandi, wadah penampungan air yang terbuka, sampah kaleng atau botol bekas. Seringkali kita tidak menyadari nyamuk juga bisa bertelur di tempat penampungan air pada dispenser dan vas bunga.

Itulah beberapa penyebab rumah menjadi sarang nyamuk. Jangan pernah hewan kecil satu ini. Tak hanya mengakibatkan gatal, nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian. Selain demam berdarah, nyamuk aedes aegypti juga bisa menularkan virus chikungunya, demam kuning (yellow fever), dan demam Zika.

Daripada mengobati, mencegah tentunya lebih baik. Sebelum terlambat, kenalilah hal-hal di rumah dan lingkungan sekitar yang bisa memicu perkembangan jentik nyamuk. Dengan begitu, Anda bisa mengambil langkah pencegahan yang efektif.