Tips Meminimalisir Binatang Pengganggu yang Sering Masuk Rumah

Ada berbagai hal yang kerapkali menganggu kenyamanan saat tinggal di rumah. Salah satunya binatang seperti nyamuk, semut, kecoa, dan tikus. Binatang-binatang itu bukan hanya membuat tidak nyaman, tapi juga berpotensi menularkan penyakit. Banyak obat di pasaran yang bisa digunakan untuk membasi binatang pengganggu yang kerap masuk rumah. Namun hal itu bukan solusi yang tepat karena kebanyakan dibuat dengan bahan kimia keras yang juga bisa berefek buruk bagi manusia.


Untuk meminimalisir binatang pengganggu yang sering masuk rumah, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya:

Bersih-bersih rumah secara teratur

Bersih-bersih rumah harus jadi agend yang dilakukan secara teratur. Apalagi area rumah yang gampang kotor seperti dapur dan kamar mandi harus dibersihkan setiap hari. Begitu pula dengan lantai rumah. Anda dapat menggunakan pembersih lantai berbahan alami seperti minyak sereh.

Tak lupa bak mandi harus dibersihkan setidaknya setiap dua hari agar supaya tidak menjadi sarang jentik nyamuk. Selain itu, setiap satu minggu sekali, bersihkanlah area-area rumah yang sulit terjangkau seperti bagian bawah tempat tidur dan sudut lemari. Tempatkan kapur barus di area tersebut supaya tidak banyak kecoa dan tikus yang lalu lalang.

Membersihkan sisa-sisa makanan

Jangan menyimpan buah dan sayuran di atas meja terbuka. Sisa makanan yang belum habis sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan dimasukkan ke dalam kulkas. Jika sudah tidak bisa dimakan, sampahnya dibuang ke dalam tempat sampah yang memiliki penutup. Setelah memasak ataupun makan, peralatan yang digunakan harus langsung dicuci supaya tidak sisa-sisa makanan tidak mengundang binatang seperti semut, tikus, lalat, dan kecoa.

Maksimalkan masuknya cahaya matahari

Binatang-binatang pengganggu yang sering masuk ke rumah umumnya suka dengan lingkungan yang lembab. Contohnya rayap yang bersarang di furnitur kayu. Binatang ini sangat menyukai area lembab dan tidak suka dengan sinar matahari. Untuk meminimalisir binatang masuk ke rumah, maksimalkanlah pencahayaan alami di rumah Anda. Jika ruang-ruang rumah Anda menerima cahaya alami matahari secara maksimal, binatang-binatang pengganggu tidak akan betah bersarang di rumah Anda.

Menggunakan bahan-bahan “pembasmi” yang alami

Jika rumah kerap disambangi tikus dan kecoa, Anda bisa menaburkan campuran baking soda dan gula di area-area yang sering menjadi tempat “main” kedua binatang tersebut. Gula akan dianggap sebagai umpan, dan baking soda yang dicampurkan ke gula akan menjadi racun untuk mengurangi populasi tikus dan kecoa yang kerap mengganggu rumah Anda. Jika sering mendapati tikus yang mondar-mandir, Kala ada tikus atau kecoa mondar-mandir, Anda dapat membuat larutan dari sabun mandi dan air, atau bubuk cabai dan deterjen. Larutan tersebut dapat disemprotkan langsung ke tubuh tikus.