Inilah Keterangan Dalam Agama Mengapa Kita Harus Memilih Lingkungan yang Baik

Tempat tinggal yang nyaman adalah salah satu faktor yang memengaruhi kualitas hidup. Karena lingkungan akan berkontribusi besar terhadap pembentukan karakter manusia. Memilih tempat tinggal di lingkungan yang baik bukan hanya untuk kenyamanan diri semata, tapi juga menyediakan lingkungan pergaulan yang untuk semua anggota keluarga.


Karakter kelompok masyarakat di satu lingkungan dan lingkunga lainnya tidak sama. Ada yang memberi pengaruh baik, dan sebaliknya yang memberi pengaruh buruk. Orang dewasa sudah bisa memfilter apa yang baik dan buruk. Tapi anak-anak tidak demikian. Mereka sangat mudah terpengaruh dan meniru berbagai hal yang disaksikan di lingkungan tempat tinggal.

Maka dari itu, orangtua berpenting dalam menentukan apakah lingkungan tempat tinggal yang dipilih akan memberikan dampak positif pada tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun mentalnya. Agama Islam juga menekankan pentingnya memilih lingkungan dan tempat tinggal yang baik, yang menjadi tempat bermukimnya orang-orang baik.

Allah SWT berfirman dalam Q.S. At Taubah ayat 119:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).”
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”

Keterangan di atas menunjukkan pentingnya bergaul dengan orang-orang yang baik secara akhlak dan tingkah laku, sehingga dengan tinggal berdampingan dengan mereka, Anda dan keluarga bisa bergaul dan meneladani sifat-sifat baiknya. Sekaligus menghindari untuk bergaul dengan orang-orang yang buruk akhlaknya agar karena pengaruh buruk yang ditimbulkan supaya bisa menjauh dari maksiat.

Karenanya, ketika mencari tempat tinggal, pastikan Anda memerhatikan betul bagaimana kondisi lingkungan dan masyarakatnya. Pastikan di lingkungan tersebut terdapat tempat ibadah yang memadai dan mudah dijangkau. Apakah dekat dengan sekolah dan terdapat tempat untuk anak belajar ilmu agama. Juga tentunya aman. Lingkungan yang terkenal rawan kriminalitas seperti sering terjadi pencurian, tawuran, premanisme, dan banyak tukang mabuk sebaiknya dihindari.

Selain itu, ideal tidaknya suatu lingkungan juga dapat dilihat dari kebersihannya. Terutama jika Anda mencari rumah di di kawasan kota yang penduduknya padat dan rawan banjir. Di perkotaan, semakin terbatasnya lahan hijau membuat risiko banjir meningkat, dan semakin parah jika masih banyak warga sekitar yang membuang sampah sembarangan. Jadi perhatikan juga mengenaik manajemen sampah di lingkungan tempat tinggal yang hendak Anda pilih.